Selain menikmati makanan dan penampilan, aroma, tekstur dan cita rasanya, tubuh kita tetap mengandalkan pada manfaat makanan. Lebih dan 40 jenis senyawa penyusun makanan
dikelompokkan 6 kelompok zat gizi (karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air).
Walaupun setiap jenis zat gizi memiliki fungsi yang unik dan spesifik, mereka bekerja sama untuk mempertahankan kesehatan Anda.

Fungsi Protein bagi tubuh sangat banyak, antara lain untuk membentuk sel-sel dan jaringan baru tubuh, memelihara pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang aus, membantu pengaturan asam basa di dalam tubuh, membentuk hormon dan enzim yang kemudian berperan dalam berbagai proses kimia tubuh, juga bisa menjadi bahan-bahan untuk energi bila kebutuhan tubuh akan hidrat arang dan lemak tidak terpenuhi.

Protein dibentuk oleh kerangka yang terdiri dan asam-asam amino. Ada sekitar 80 jenis asam amino yang terdapat di alam. Namun hanya sekitar 20 saja yang penting bagi tubuh manusia yang terdiri dari 2 kelompok yaitu asam amino esensial dan non esensial. Sebagai zat pembangun, Protein merupakan bahan pembentuk jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. Pada masa pertumbuhan proses pembentukan jaringan terjadi secara besar-besaran. Pada masa kehamilan protein membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. Protein juga mengganti janngan tubuh yang rusak dan yang pertu dirombak. Jadi secara singkat dapat dinyatakan bahwa fungsi utama protein bagi tubuh adalah membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang tetah ada.

Sebagai contoh, protein makanan memasok asam amino esensial untuk pembentukan neurotransmitter, pengendali bermacam pekerjaan otak. Choline dan pyruglutamat ditambah asam pantotenat adalah unsur pembentukan neurotransmitter acetylcholine yang mengendalikan kerja intetektual otak, seperti berfikir, berbicara, berargumentasi, dan lain-lain. Selain asam amino, protein juga terdiri dad fosfor, belerang, dan ada jenis protein yang mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga.

Dalam makanan yang disantap sehari-hari ada kemungkinan kandungan protein atau asam amino tidak memadai karena mengalami kerusakan pada saat pemasakan, penyimpanan, dan penyajian serta penyerapan di tubuh. Kekurangan asam amino dalam tubuh sangat mungkin terjadi, karena zat yang ada dalam makanan sudah rusak bila makanan dipanaskan/dimasak di atas 100 derajat Celcius.

Kekurangan protein akan membuat Anda mudah merasa lelah, tekanan darah turun, dan daya tahan terhadap infeksi menurun. Pada anak-anak, selain mudah terserang penyakit, pertumbuhan dan tingkat kecerdasannya akan terganggu. Untuk mengatasi hal itu bisa diberikan telur. Tapi ingat, Kuning telur baik untuk anak anak karena kandungan beta karoten yang tinggi, tetapi tidak baik untuk orang dewasa karena kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Jadi bagi yang sudah dewasa, konsumsi saja putih telurnya. Putih telur adalah sumber alami asam amino dosis tinggi. Itulah mengapa Ade Ray mengkonsumsi banyak putih telur dalam sehari. Vitaslitas dan kekuatan ! Ada Tanggapan?

Powered by : Crystal X

Iklan