DHA (Docohexaenoic Acid) & ARA (Arachidonic Acid) penting untuk pembentukan jaringan saraf otak dan retina pada janin. Sebenarnya tubuh manusia dapat memproduksi DHA & ARA sendiri, asal memiliki bahan baku asam x linolenat dan asam linoleat. Kedua bahan baku inilah yang harus dipasok melalui makanan. Sumber makanan kaya Omega 3 adalah ikan laut (mackerel, salem, sarden, tuna, haring  dan juga kerang-kerangan), minyak kedelai, biji labu, walnut dan rumput laut. Meski tidak sebanyakproduksi laut, sumber makanan seperti telur dan daging juga mengandung DHA.

Sumber makanan kaya Omega 6 yaitu minyak nabati seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, margarie, minyak wijen, dan lain-lain. DHA dan ARA berperan penting pada semua tahap kehidupan manusia sejak masih dalam kandungan sampai usia lanjut. Rasio konsumsi Omega 3: Omega 6 yang dianjurkan adalah 1:5 sampai 1:10.

Jadi DHA & ARA yang seimbang memang sebaiknya dikonsumsi oleh segala usia. Ibu hamil dianjurkan memakan banyak makanan yang mengandung DHA & ARA agar janinnya sehat. Bayi sampai dewasa tetap mendapatkan asupan DHA & ARA yang cukup untuk pencegahan berbagai penyakit.

 

Powered by : Crystal X