Alasan terbanyak mengapa wanita ke dokter adalah keputihan. Mereka ingin mengatasi keputihan Keputihan ada banyak jenisnya Ada yang memerlukan pengobatan, dan ada yang merupakan hal normal. Jadi nggak perlu diobati.

Powered by : Crystal X

Vagina adalah sebagian dari saluran peranakan, seperti juga rahim. Bagian kewanitaan ini sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Estrogen merangsang jaringan dan mematang-annya, dan progesteron mengembangkannya lebih lanjut lagi. Sewaktu hamil, pengaruh ini sangat nyata. Perubahanperubahan yang terjadi itu tidak hanya mengenaj rahim, tetapi juga mengenai dinding vagina dan leher rahim.

Perubahan akibat pengaruh estrogen menyebabkan sel-sel dinding leher rahim mengeluarkan selapis lendir yang kental. Hal ini terutama terjadi pada pertengahan siklus haid. Yaitu tengah-tengah antara dua haid.

Pengelupasan sel dan lendir yang dihasilkan oleh rahim, ditambah lagi dengan cairan yang merembes di antara sel-sel vagina dan leher rahim, dapat memperbesar jumlah “keputihan” yang keluar. Rembesan cairan tadi akan meningkat bila ditambah adanya kecemasan, pe-ningkatan nafsu seksuil, dalam keadaan sakit, atau ketika stress

Jadi jelaslah bahwa jumlah cairan yang keluar dan vagina dapat berubah-ubah, tanpa adanya penyakit di tempat itu sendiri. Seperti juga air liur menjadi banyak atau sedikit pada saat-saat tertentu.

Cairan yang dikeluarkan oleh vagina itu tidak hanya menjaga agar vagina tetap basah, tetapi juga untuk menjaga kebersihannya. Namun ada kalanya produksi cairan itu agak berlebihan sehingga membekas di celana dalam. Dan ini biasanya merisaukan sipemilik celana. Jika produksi cairan yang bertambah ini tidak di-sertai rasa gatal atáu pedih, janganlah khawatir. Pada keadaan-keadaan tertentu, misalnya karena pil kontrasepsi setiap hari, produksi cairan vagina boleh jadi bertambah.
Jika jumlah cairan yang dikeluarkan itu dirasa mengganggu, ada baiknya bila wanita itu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap cairan tersebut sebelum ia me-netapkan obatnya. Istilah “keputihan” memang sering menimbul-kan kesan akan adanya penyakit. Suatu penamaan yang agak keliru, karena ada kalanya cairan yang tidak disertai gatal-gatal itu sebenarnya hanyalah variasi dan keadaan normal saja.

Namun apa obat keputihan yang alami, mudah, praktis, efektif? Simak di Crystal X