Tips Hidup Sehat. Jantungen! Mati Jantungen! Angin Duduk! Apa lagi ya? Mati mendadak, pada kebanyakan kejadian merupakan buah dari serangan jantung. Tahukah Anda, 7 tips sederhana berikut bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda?.

Bernapas Dalam dan Perlahan. Pernapasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat, bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mengurangi hipertensi, dan membuat jantung awet.

Tidur yang cukup. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang tidur hanya enam jam sehari atau kurang, tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Rutin Jalan Kaki 30 – 45 menit per hari. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyatakan bahwa jalan kaki dengan cepat selama tiga jam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koronan sekitar 30 – 40 persen. Studi yang dilakukan peneliti dari Duke University Medical Center, Durham, AS, juga mengemukakan bahwa jalan cepat 30 – 45 menit per hari (atau 2 – 3 jam per minggu) akan menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi Buah Setiap Hari. Buah akan mendukung kesehatan jantung. Tak perlu buah yang mahal kok, cukup buah-buahan tropis yang murah dan mudah didapat. Misalnya saja pisang yang kaya akan potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga otot jantung. Atau pepaya dan jeruk yang mengandung vitamin C, folat, serat dan karotenoid yang bersifat antioksidan dan baik untuk jantung. Selain itu, Melon juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan karotenoid. Ada seorang sahabat yang selalu membeli buah apapun pada musimnya. Sehingga murah,

Konsumsi Sayuran Setiap Hari . Berbagai sayuran yang mudah dibeli di pasaran juga baik untuk jantung. Di antaranya:

Bayam, mengandung vitamin C dan betakaroten yang akan menjaga kesehatan pembuluh darah arteri. Juga kaya akan potasium dan magnesium yang penting untuk mengatur kerja otot jantung serta menurunkan hipertensi. Asam folatnya dapat menurunkan kadar homosistein yang bisa menimbulkan penyakit jantung. Peptida-nya, menurut studi yang ditulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, dapat menurunkan hipertensi.Brokoli, memiliki banyak zat pelindung jantung, seperti vitamin C, A, dan sulforafan.Tomat, adalah sumber likopen yang sangat baik. Hasil studi terbaru dari Harvard menyatakan, konsumsi likopen akan mengurangi resiko serangan jantung hingga 50 persen. Itu karena likopen mampu mencegah kerusakan sel di arteri.

Minum Air yang Cukup. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology tahun 2002 menemukan orang yang minum lebih dari lima gelas air per hari, resiko terkena serangan jantung akan berkurang hingga 41 persen. Kekurangan air akan membuat otot jantung bekerja keras dan darah menjadi lebih kental.

Tersenyum dan tertawa. Senyum dan tawa baik untuk sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung. Buka dan baca buku humor, nikmati film humor. Masih nggak bisa tersenyum juga? Bilang saja "Ciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssss!"

Powered by Crystal X

Iklan