Kelapa, pohon tepian pantai ini sering di sebut dengan pohon kehidupan (tree of life) karena hampi semua bagian tanaman ini dapat digunakan untuk kehidupan.Pohonnya untuk bahan bangunan, daunnya untuk atap, dinding, sapu, kerajinan. Pelepahnya untuk kayu bakar. Bunga manggarnya untuk bahan gudheg manggar, sabut kelapanya untuk bahan sapu, kerajinan, cocopit, kayu bakar. Bathok kelapanya untuk kerajinan, pembuatan arang serta kayu bakar. Apalagi ya?

Minyak kelapa telah digunakan sebagai sumber makanan utama selama ribuan tahun oleh jutaan penduduk Asia, Kepulauan Pasifik, Afrika dan Amerika Tengah, juga Pada th 3960 (S.M 3960) minyak kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat dan kecantikan, bukti ini tercantum dalam kitab Ayurveda India.

Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
  • kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan.

Minyak kelapa mulai menurun pada tahun 1950-an karena terjadi persaingan yang sengit antara minyak kelapa dan minyak-minyak nabati terutama minyak kedelai termasuk minyak kelapa sawit. Minyak kedelai (minyak tak jenuh) minyak yang diproduksi para petani di Amerika sedang minyak kelapa (minyak jenuh) diimport dari luar. Persaingan sengit ini berlanjut dan mencapai puncaknya pada tahun 1980-an dengan munculnya kampanye anti minyak tropis yang dimotori oleh American Soybean Association (ASA), produsen terbesar minyak kedelai.

ASA menuding minyak kelapa (minyak tropis/minyak jenuh) penyebab munculnya penyakit-penyakit modern seperti Stroke, jantung, kolesterol, kanker, diabetes mellitus dll, sehingga banyak masyarakat Amerika dan dunia termasuk Indonesia terpengaruh atas isu tersebut sehingga minyak kedelai menguasai seluruh pasar minyak pada waktu itu dan minyak kelapa terpuruk.

Pada perkembangan selanjutnya para peneliti minyak kelapa di Amerika menyatakan bahwa secara ilmiah tuduhan tersebut tidak benar justru dengan tidak mengkonsumsi minyak kelapa berakibat muncul penyakit-penyakit modern tersebut.

Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli minyak kelapa di Amerika bahwa penduduk asli kepulauan Pasifik selama ribuan tahun mengkonsumsi minyak kelapa tidak ditemukan penyakit-penyakit modern/penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, kolesterol, obesitas dli. Penyakit modern ini mulai muncul setelah penduduk perbatasan kepulauan tsb mengikuti pola makan Barat dan meninggalkan makanan utama mereka yaitu minyak kelapa, sedangkan penduduk asli yang tidak mengikuti pola makan Barat hingga saat ini tidak ditemukan penyakit modern tsb.

Gaung minyak kelapa mulai bangkit setelah para pakar VCO dunia mempublikasikan temuan tsb ke media Internet, seminar-seminar ke seluruh dunia tentang manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan kita. Para ahli ini membuktikan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan kita bukan sebaliknya.

Pada tahun tahun terakhir ini mulai dipopulerkan betapa banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi VCO secara teratur dan rutin.

powered by : Crystal X Baru dan Crystal X

Iklan