Al Bukhary meriwayatkan dari Aisyah r. anha bahwa dia pernah mendengar Rasulullah saw bersabda : ” Sesungguhnya di dalam Habbatus sauda’ terkandung kesembuhan untuk segala penyakit, kecuali as sam. Aku bertanya, “Apakah as sam itu?” Beliau menjawab, “Maut”. Dalam riwayat Muslim disebutkan : “Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.” Masih ada sekitar 10 lebih hadits serupa yang menyebutkan khasiat dari habbatus sauda.
Habbatus Sauda’
Biji habbatussauda mengandung 40% minyak Konstan dan 1,4% minyak aviari, juga mengandung 15 asam amino, protein, kalsium, zat besi, sodium dan pottasium. Sedangkan komposisi paling penting adalah: Thymoquinone (TQ), Dithymo-quinone (DTQ), Thymohydro-quinone (THQ) dan Thymol (THY).
Habbatus sauda digunakan secara tradisional untuk beberapa keadaan seperti untuk menghasilkan kulit muka yang cerah, membantu merawat batuk dan asma, kencing manis, batu ginjal, selesma, keguguran rambut, tekanan darah tinggi, masalah untuk tidur, sakit-sakit otot dan sendi, rasa loyo dan muntah, mengurangkan kolesterol dan sebagainya.
Ibnu Sina di dalam bukunya Canon of Medicine menyatakan Habbatus sauda meningkatkan tenaga dan vitalitas serta membantu pemulihan kelelahan.
Manfaat Habbatus Sauda’
Dalam kitab Al Tibb An-Nabawi (Pengobatan Cara Nabi) yang ditulis Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Habbassauda dikenal juga sebagai Al Habbah Al Barokah. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa Habbassauda dapat mengobati 50 macam penyakit tanpa efek. Suatu ulasan ilmu kedokteran menunjukkan bahwa manfaat Habbassauda antara lain:
  • Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan, batuk dan Paru-paru .
  • Mengobati reumatik.
  • Mengobati sakit gigi dan sakit kepala (migrain).
  • Mengatur haid dan meningkatkan kualitas dan jumlah ASI.
  • Mencegah dan mengobati penyakit karena virus. Mengobati saluran kemih dan batu ginjal.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal penyakit.
  • Mencegah dan mengatasi segala penyakit saluran pencernaan dan perut
  • Mengobat penyakit saluran darah (Darah Rendah, Tinggi, Stroke) dan meningkatkan kinerja jantung
  • Membasmi cacing parasit
  • Mengobati sesak nafas (asma).
  • dll.
Kalangan medis tadinya menolak keras adanya sebuah herba yang bisa menyembuhkan penyakit. Tapi, ketika ilmuwan muslim melakukan uji klinis dan menyimpulkan hasilnya, mereka baru mengakui kebenarannya tersebut. Kembali Ke Atas >>
Cara Kerja Habbatus Sauda’
Sistem Kekebalan adalah kemampuan tubuh untuk menciptakan kekebalan khusus, kuat dan sempurna untuk melawan segala unsur yang menyerang tubuh. Sistem kekebalan ini terbentuk dari jaringan limpa dan sel-sel limpa yang menghasilkan antibodi yang berfungsi menghancurkan mikroba yang menyerang tubuh yang disesuaikan dengan susunan dan sifatnya.
Menurut Dr. Al Qadhy, habbatus sauda mempunyai kemampuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga melawan bermacam-macam virus, kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. “Karena itu, kami dapat menetapkan bahwa di dalam habatus sauda terdapat kesembuhan untuk segala macam penyakit. Karena peranannya yang menguatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, suatu sistem yang di dalamnya ada kesembuhan dari segala macam penyakit, yang bereaksi terhadap segala sebab yang menimbulkan penyakit, yang memiliki kemampuan awal untuk memberikan kesembuhan secara sempurna atau sebahagian di antaranya untuk menyembuhkan segala penyakit,” ungkap Al Qadhy.
Anjuran
Agama Islam adalah agama yang kaffah, sempurna dan komplit. Maka bagaimana bisa kita dibiarkan mencari solusi sendiri di luar Islam. Selama ini kita hanya mengenal agama Islam ini hanya menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan penyakit bathiniyah. Kalau demikian halnya, maka tidak pantas Islam dikatakan sebagai agama yang sempurna. Dari uraian di atas nyatalah bahwa di dalam mengobati penyakitpun kita didorong untuk tetap mengobati dengan cara yang Islami. Dan sudah pasti, obat dan terapi yang ditawarkan Nabi saw ini bukanlah terapi yang biasa-biasa saja. Kalau hanya biasa-biasa saja tentunya Rasulullah saw tidak akan menyebutnya secara khusus dalam al hadits sampai lebih dari 10 kali.
Bagi saudara-saudaraku yang saat ini hampir berputus asa akan kesembuhan penyakitnya, janganlah patah semangat di dalam mencari kesembuhan. Lihatlah lagi apa yang dibawa Rasulullah saw. Disana ada kesembuhan bagi semua penyakit, jasmani maupun rohani. Kalau kita mau dan percaya menelan obat yang diresepkan oleh seorang dokter, siapapun dokter itu, maka mengapa kita tidak mau percaya kepada resep Rasulullah saw yang sudah lama diberikan kepada kita? Lihatlah, penyembuh segala penyakit ada di depan kita.  Dikopas dari http://gardoedjaga.blogspot.com/2010/07/habbatus-sauda-jintan-hitam.html dan disponsori olehDistributor Crystal X