Buah Nangka. Bila masih muda, digunakan sebagai bahan pembuat makanan atau sayur khas Yogyakarta. Gudheg. Ya! Gudheg Jogja. Meski sekarang ada Gudheg yang dibuat dari bunga kelapa. Gudheg Manggar . Kalau sudah masak, biasa dimakan langsung atau dibuat sebagai pengisi es buah, atau sebagai campuran Puding.

Tanaman Buah Nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Tanaman ini diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara.

Powered by Crystal X. Vitamin C pada buah selama ini lebih dikenal dikandung jeruk, nanas atau stroberi. Sebenarnya, buah nangka juga memiliki kandungan vitamin yang sama. Adapun sifat vitamin C nangka menjadi antioksidan untuk memperkuat kekebalan dalam tubuh. Buah bernama latin Artocarpus heterophyllus tersebut memiliki kandungan energi berupa kalori, karbohidrat dan protein. Jenis buah atau bisa sayur merupakan sumber bahan pangan altematif, vitamin C-nya baik untuk kekebalan tubuh. Nangka juga kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan maupun mencegah penyakit. Kandungan vitamin A dan C di nangka berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Tips Hidup Sehat Alami kali ini akan membahas manfaat dan khasiat buah nangka. Khasiat nangka disokong kalium yang berguna mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi. Bagian biji nangka juga mengandung karbohidrat, protein dan energi yang tak kalah besarnya dibandingkan buahnya. Pada buah yang bila matang berasa manis dan legit itu juga terdapat kalsium dan fosfor. Kalau secara gizi, ada juga kandungan mineral berupa zat besi yang baik sebagai antioksidan untuk memperkuat tulang dan gigi dan memperlancar pencernaan.

Buah yang banyak ditanam di daerah tropis itu baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. “Soalnya mengandung kalium yang selama ini dikenal bisa mengontrol tekanan darah. Buah beraroma harum dan segar ini juga mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin dan niacin yang memang baik untuk bahan alami pengobatan  dan  kesehatan.

Kandungan nutrisi ternyata tidak ada pada daging buahnya saja. Senyawa yang baik untuk tubuh juga terkandung dalam daun dan biji nangka. Ekstrak daun tanaman tersebut telah direkomendasikan sebagai obat anti diabetes. Selain itu, daun juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, dan obat luka luar. Sedangkan biji nangka bisa digunakan sebagai obatbatuk. Tetapi kalau makan buahnya sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan, karenaa bisa meningkatkan gas dalam  perut.

Kandungan dan Manfaat Nangka

  • Sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk’membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih.
  • Vitamin C dan antioksidan juga baik untuk menjaga keseimbangan elektralit.
  • Mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker.
  • Memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit.
  • Mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa, buahnya yang manis membuat segar kembali.
  • Mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Nah sahabat Tips Hidup Sehat Alami, sekedar penutup, apabila sahabat berkunjung ke Yogyakarta, mampirlah diseputaran Plengkung Wijilan ke selatan. Dri Alun Alun Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat ke timur sekitar 100m. Cobalah sensasi dan kenikmatan Gudheg Yogya. Maksyuss!!