Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali Selain itu, kanker payudara (Carcinoma mammae) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma.  (Wikipedia). kanker Payudara adalah kanker yang menyerang Jaringan Payudara

Dibenak Anda pasti muncul gambaran benjolan di payudara. Benjolan sudah pasti selayaknya diwaspadai.  Namun benarkah tanpa kehadiran benjolan di  payudara  lantas menjadi tanda bebas dari kanker payudara? 

Tersebutlah  Andrew Putnam, direktur Program Palliative Care di Lombardi Comprehensive Cancer Center dan Georgetown University, lewat MSN menjelaskan bahwa “kadang kala benjolan kanker tertanam jauh di dalam jaringan payudara, dan saking padatnya, sampai tak terasa.”

Berikut ini adalah tanda dan gejala fisik kanker payudara yang muncul yang selayaknya diwaspadi munculnya kanker payudara. Bila salah satu muncul pada diri Anda, segeralah melakukan pemeriksaan kemungkinan adaya kanker payudara. 1. Memerah, Gatal dan sakit.

Hati hati dan segera lakukan pemeriksaan apabila muncul rasa panas di bagian payudara. Ketika disentuh.  Apalagi jeas jelas disertai peradangan/pembengkakan/memar. Dua hal ini cenderung disebabkan oleh kanker.  Lebih lanjut terjadi bengkak, sakit, ruam merah sampai kebiruan (seperti memar) dan bersisik.  Pada tahap selanjutnya, ia akan berlesung pipit atau berubah karakternya seperti kulit jeruk. Karakteristik rasa sakitnya hampir sama dengan nyeri saat PMS, namun, rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan bertahan lama sampai berhari hari bahkan lebih lama.

2. Rasa Nyeri punggung bagian atas

Rasa nyeri ini dari belakang bagian atas antara tulang belikat, nyeri otot tendon serta osteoarthritis tulang belakang. Ini dikarenakan tumor payudara tumbuh di dalam jaringan kelenjar payudara, yang menyebar ke seluruh area dada. Dalam perkembanannya sel sel tumor mendorong mundur ke arah tulang rusuk dan tulang belakang. Karenanya nyeri yang dihasilkan lebih dirasakan di punggung ketimbang di payudara. Yang perlu diwaspadai, kanker payudara ini dapat menjala dan menjadi kanker tulang sekunder.

3. Puting

Pada kondisi normal,  puting susu sensitif akan sentuhan, namun saar mengalami kanker payudara kesensitifan ini menurun sangat drastis. Kulit puting menjadi berkerak, bersisik dan meradang. Hal ini disebabkan karena sebagian tumor yang tumbuh menempel pada kulit sehingga menarik puting dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

4. Perubahan bentuk payudara

Belum tentu muncul benjolan keras di payudara. Akan tetapi bentuk payudara akan mengalami perubahan mencolok. Payudara dengan kanker, bentuknya bisa lebih oval, atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi.

5. Pembengkakan atau benjolan di ketiak

Munculnya rasa sakit di area leher dan tenggorokan yang berawal dari ketiak menunjukan adanya kecenderungan Kanker payudara. Ini terjadi karena cairan limfatik yang mengalir dari payudara ke area ketiak. Pengamatan sendiri dengan jemari akan menemukan seperti ada benjolan yang keras dan melekat.

* Tulisan ini dimuat ualng oleh Distributor PT Natural Nusantara.